Kamis, 15 Januari 2009

RESEP KERIPIK BUAH NENAS - MESIN KERIPIK BUAH - PELUANG USAHA KERIPIK BUAH


Mesin Keripik Buah


081. Mesin Keripik Buah

Mesin ini berfungsi untuk membuat keripik buah dengan sistem penggorengan yang menggunakan vacuum sehingga mampu membuat keripik buah yang berkualitas. dengan menggunakan kompor LPG sebagai pemanas, dan sistem sirkulasi vacuum menggunakan pompa air, berfungsi secara maksimal untuk menghilangkan kadar air dan oksigen yang terkandung di dalam buah. dilengkapi pula dengan lampu di dalam tabung, sehingga kita dengan mudah dapat melihat hasil dari keripik yang diproses.

  • Mesin Keripik Buah 1.5 Kg : Rp. 14.500.000,- selama promosi harga menjadi Rp.
  • Mesin Keripik Buah 3 Kg : Rp. 18.500.000,- selama promosi harga menjadi Rp.
  • Mesin Keripik Buah 6 Kg : Rp. 25.000.000,- selama promosi harga menjadi Rp.
  • Mesin Keripik Buah 10 Kg : Rp. 30.000.000,- selama promosi harga menjadi Rp.
Info Harga Promosi dapat menghubungi Ibu Rosa di 031-91938825 - Hp 088803211729
Bpk Mustofa 031-60350888
Ibu Amay 031-83109709




Peluang Usaha Keripik Buah.


Negara Indonesia yang kaya dengan buah buahan & sayur mayur membuat kita begitu mudah mendapatkan buah & sayur yang berkualitas. Namun buah & sayur mempunyai daya simpan yang sangat singkat. Dalam 1 minggu, sudah berkurang kualitasnya. Cara terbaik untuk mempertahankan ini adalah dengan memprosesnya menjadi kripik menggunakan alat yang disebut Vaccum Frying.

Kenapa menggunakan Vaccum Friying?
Karena buah buahan memiliki Kandungan Air & Kadar gula yang tinggi, sehingga tidak memungkinkan untuk memproduksi kripik buah dengan cara menggorengnya secara konvensional. Karena kadar gula yang tinggi akan membuat hasil gorengan kripik buah berwarna kecoklatan/gosong/browning sebelum buah menjadi renyah.
Jadi untuk memproduksi kripik buah yang manis, memerlukan Alat/Mesin yang disebut: Vaccum Friying.



Dengan Mesin Vaccum Frying, anda cukup memotongnya kecil kecil dan memasukkannya kedalam mesin. Mesin ini berfungsi untuk membuat kripik buah dengan sistem penggoreng hampa sehingga mampu menurunkan suhu pada saat menggoreng dibawah 100C. Hail Keripik buah tidak berubah warna & berkualitas tinggi, karena kandungan gizinya tidak rusak karena over heating.
Mesin ini menggunakan kompor LPG sebagai pemanas dan sistem sirkulasi vaccum menggunakan pompa. Dilengkapi dengan lampu didalam tabung penggorengan, sehingga dengan mudah kita dapat melihat proses produksi.


Konsultasi Home Industri: Kripik Nenas

Panen Nenas, Harga Jatuh?
Tingkatkan Nilai Jual dengan memproduksi Nenas menjadi Keripik Nenas.

Tanya :
Pak Juwono, didaerah saya banyak pohon nenas, kalau waktu panen hasilnya sangat melimpah, dan biasanya harganya jadi jatuh. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara pengolahan kripik nenas yang banyak dijumpai dipasaran, sebab kami pernah mencoba memproduksinya tetapi selalu gagal, hasilnya kurang kering, gosong dan berminyak. Terima kasih atas penjelasannya.

Jawab:
Salah satu kendala berbisnis pertanian adalah jatuhnya harga produk pada saat panen. Untuk produk nenas, bisa diolah menjadi berbagai macam produk seperti fruit cocktail, dodol nenas, syrup nenas, dan yang sekarang lagi trend adalah keripik nenas.

Pengolahan Keripik nenas tidak bisa dengan cara dijemur atau digoreng dengan alat-alat sederhana, karena buah nenas mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Apabila kita goreng memakai penggorengan biasa (suhu 180-200C), maka gula yang terdapat pada nenas akan gosong duluan sebelum kadar airnya habis.

Untuk memproduksi kripik nenas, proses pertama adalah mengupas secara manual & menghilangkan mata nenas. Kemudian buah nenas bisa dipotong dengan menggunakan mesin pemotong kripik. Ada 2 alternatif mesin yang bisa dipakai untuk memotong buah nenas:

Mesin Pemotong Keripik (brosur no 28).
Untuk mesin ini, cara kerjanya semi manual, jadi masih dibantu menggerakkan buah nenas yang akan dipotong.




Mesin Pemotong Kripik & Food Processor (brosur no.111)
Mesin ini cara kerjanya lebih otomatis, & selain berfungsi sebagai mesin pemotong, juga dilengkapi dengan 5 macam pisau sehingga mesin ini bisa berfungsi sebagai Food Processor (memotong kotak kotak, serut, bentuk spt french fries, merajang bawang & aneka keripik, dll)



Lalu untuk menggoreng Nenas yang sudah dipotongi, harus memakai mesin Vaccum Frying Mesin Penggoreng Vaccum (brosur no. 81). Dengan menggunakan Vaccum Frying akan dapat dihasilkan keripik buah nenas yang renyah dan warnanya kuning muda, karena mesin penggoreng Vaccum mampu mengoreng kripik buah pada suhu dibawah 100C. Uap air dari nenas ditarik dengan mesin Vaccum, sehingga meskipun penggorengan berlangsung pada suhu dibawah 100, uap air pada nenas bisa tertarik keluar & kripik yang dihasilkan renyah.

Untuk mengatasi produk yang berminyak pada kripik, bisa dibantu dengan mesin penapis minyak/Spinner (brosur no. 90), Prinsip kerja Mesin Spinner seperti mesin cuci, dimana produk yang akan dikeringkan minyaknya di putar pada tabung yang berlubang lubang sisinya. Apabila mesin dijalankan maka minyak akan keluar pada lubang tabung & hasil produk menjadi kering & tidak berminyak.




Selain itu untuk mencegah ketengikan, kita bisa menambahkan 2 gram BHT Food grade untuk setiap 10 liter minyak yang dipakai untuk menggoreng. BHT adalah anti oxidant yang mencekah oksidasi pada minyak, yang mengakibatkan rasa tengik apabila produk disimpan dalam jangka waktu lama.

Untuk Info Bahan Tambahan Pangan yang diperbolehkan oleh Dep Kes bisa klik di:
http://www.kursustristar.com/info-bahan-tambahan-pangan-food-additive-yang-diperbolehkan-dep-kes/


Apabila anda ingin mengikuti Aneka Pelatihan Industri bisa klik di:
http://www.kursustristar.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar